Dalam penilaian kinerja keuangan perusahaan, analisis rasio keuangan merupakan metode analisis keuangan yang banyak digunakan di Indonesia. Dalam mempelajari rasio, kita bisa menggunakan rasio tersebut untuk mejawab pertanyaan penting tentang operasi perusahaan, yaitu mengenai likuiditas perusahaan, profitabilitas usaha, keputusan pendanaan dan pengembalian atas ekuitas. Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menerapkan prinsip analisis rasio keuangan suatu perusahaan untuk menentukan baik buruknya suatu perusahaan itu. Perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan PT ALUMINDO LIGHT METAL INDUSTRY Tbk., yaitu suatu perusahaan yang bergerak di industri aluminium. Berikut adalah neraca dan laporan laba ruginya :

Laporan keuangan neraca dan laba rugi perusahaan di atas, sangat diperlukan dalam perhitungan rasio. Untuk selanjutnya, penulis akan memaparkan penghitungan dan analisis rasio keuangan perusahaan ALUMINDO, dari segi likuiditas perusahaan, profitabilitas usaha, keputusan pendanaan, dan pemngembalian ekuitas berdasarkan laporan keuangan tahun 2009 dan 2010 yang telah di audit.

RASIO KEUANGAN PT ALUMINDO LIGHT METAL INDUSTRY TBK
1. LIKUIDITAS PERUSAHAAN 2010 2009
Rasio lancar =  = 0,83 kali  = 0,97 kali
Rasio cepat =  = 0,39 kali  = 0,40 kali
  Periode

penagihan    =

 rata-rata =  = 1454,54 hari =  = 2085,71 hari

Perputaran

   piutang      =

    usaha = 0,24 kali/tahun = 0,18 kali/tahun

Perputaran  = harga pokok penjualan

Persediaan            persediaan = 6,49 kali/tahun = 3,12 kali/tahun

2. PROFITABILITAS USAHA  Tingkat pengembalian

       investasi dari            =

  pendapatan operasi = 6,65 % = 0,40 %

Margin laba   = laba operasi

   operasi             penjualan = 256,41 % = 23,08 %

Perputaran    = penjualan

total aktiva       total aktiva = 0,03 kali = 0,02 kali

  Perputaran     = penjualan kredit

piutang usaha       piutang usaha = 0,24 kali/tahun = 0,18 kali/tahun

Perputaran    = harga pokok penjualan

persediaan                persediaan = 6,49 kali/tahun = 3,12 kali/tahun

Perputaran    = ___penjualan____

aktiva tetap      aktiva tetap bersih = 0,08 kali/tahun = 0,05 kali/tahun

3. KEPUTUSAN PENDANAAN  Rasio hutang =  = 66,36 % = 68,83 %  Rasio laba

   terhadap     =

beban bunga = 1,85 kali = 0,12 kali

4. PENGEMBALIAN ATAS EKUITAS       Tingkat

pengembalian =

     ekuitas = 8,70 % = 5,62 %

ANALISIS RASIO

  • LIKUIDITAS PERUSAHAAN

Untuk mengetahui seberapa likuid suatu perusahaan, maka kita membutuhkan beberapa macam rasio untuk dianalisis, yaitu rasio lancar, rasio cepat, periode penagihan rata-rata, perputaran piutang usaha, dan perputaran persediaan. Dari segi rasio lancar dan rasio cepat, kita melihat baik pada tahun 2009 ataupun 2010, rasio lancar dan rasio cepat ALUMINDO bahkan tidak mencapai angka 1. Hal ini dikarenakan oleh kewajiban lancar yang lebih besar dari aktiva lancar. Jadi, ini berarti bahwa ALUMINDO mempunyai kemampuan yang kurang untuk memenuhi kewajiban yang jatuh tempo.

Dari segi periode penagihan rata-rata dan perputaran piutang usaha, kita dapat melihat bahwa ALUMINDO sangat lambat menagih piutangnya, padahal pada umumnya ingin menagih piutang dengan segera, sehingga dapat megurangi periode penagihan dan meningkatkan rasio perputaran. Lambatnya penagihan piutang ini dapat dikarenakan oleh 2 hal, yaitu satu karena sengaja diperpanjang dengan pertimbangan dapat dipertanggungjawabkan, dan kedua karena tidak telitinya manajemen menjalankan kebijakan tagihannya (tidak efektif mengelola piutang). Untuk kasus ALUMINDO kali ini, penulis memilih alasan nomor 2 sebagai penyebabnya.

Dari segi persediaan, kita dapat melihat bahwa perputaran persediaan ALUMINDO relatif kecil, meskipun pada tahun 2010 terdapat kenaikan yang cukup signifikan. Hal ini artinya bahwa aktiva dari ALUMINDO, kurang atau bahkan tidak likuid.

  • PROFITABILITAS USAHA

Untuk mengetahui apakah laba yang telah dihasilkan sudah cukup jika dibandingkan dengan aktiva yang diinvestasikan, dalam kata lain profitabilitas usaha, maka kita harus menghitung rasio sebagai berikut :

1.)     Tingkat pengembalian investasi dari pendapatan operasi

Apabila kita melihat hasil penghitungan rasio pengembalian investasi, maka hasilnya bisa dibilang relatif baik, karena pada tahun 2010, terjadi kenaikan yang cukup signifikan dibanding tahun 2009. Selanjutnya, untuk mengetahui mengapa tingkat pengembalian investasi dari pendapatan operasi kita relatif baik, maka tingkat pengembalian investasi dari pendapatan operasi pundipisahkan dalam 2 bagian penting, yaitu marjin laba operasi dan perputaran total aktiva.

a)             Marjin Laba Operasi

Berdasarkan hasil perhitungan, kita dapat menyimpulkan bahwa ALUMINDO dapat mempertahankan biaya dan beban secara relatif dengan penjualan. Kita dapat melihatnya dari perhitungan, bahwa tingkat margin laba operasi bahkan menembus angka diatas 200 %.

b)            Perputaran Total Aktiva

Melihat dari hasil perhitungan, kita dapat menyimpulkan bahwa ALUMINDO menggunakan aktivanya dengan sangat efisien dengan angka perputaran total aktiva bahkan tidak mencapai 0,1 %.

2)             Perputaran Piutang Usaha

Sudah dibahas dalam likuiditas.

3)             Perputaran Persediaan

Sudah dibahas dalam likuiditas.

4)             Perputaran Aktiva Tetap

Tidak jauh berbeda dengan perputaran total aktiva, apabila kita melihat hasil perhitungan perputaran aktiva tetap yang tidak mencapai 0,1 kali/tahun, maka dapat kita simpulkan bahwa ALUMINDO mengatur aktivanya dengan efisien.

  • KEPUTUSAN PENDANAAN

Selanjutnya kita akan berbicara mengenai bagaimana perusahaan didanai. Masalah yang timbul adalah mengenai lebih banyak dari mana pembiayaan aktiva dilakukan, dari pemegang ekuitas, atau hutang. Oleh karena itu, untuk melihat pendanaan, kita menggunakan 2 rasio, yaitu rasio hutang, dan rasio laba terhadap beban bunga.

Dilihat dari nilai rasio hutang yang senilai sekitar 66 %, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ALUMINDO ternyata melakukan pembiayaan aktivanya lebih banyak dengan menggunakan hutang. Dan sekitar 30% sisanya menggunakan ekuitas.

Sedangkan dilihat dari segi rasio laba terhadap beban bunga, kita dapat menyimpulkan bahwa nilai yang sangat kecil tersebut menyatakan bahwa ALUMINDO akan mengalami kesulitan dalam membayar beban bunganya.

  • PENGEMBALIAN ATAS EKUITAS

Dalam analisis rasio keuangan, kita pun perlu mengetahui apakah pendapatan yang ada untuk pemilik perusahaan atau investor itu menarik atau tidak. Untuk menentukan ini, maka kita hanya perlu menghitung rasio pengembalian ekuitas atas saham biasa. Melihat dari hasil perhitungan, kita dapat mengatakan bahwa tingkat pengembaliannya masih relatif kecil, meskipun memang tidak terlalu kecil. Oleh karena itu, bisa dibilang investasi di ALUMINDO ini kurang menarik.

Setelah kita melihat, menghitung, dan mengkaji segala hal mengenai rasio-rasio analisis rasio keuangan dari perusahaan ALUMINDO, maka ada satu kesimpulan yang dapat kita tarik yaitu, perusahaan PT ALUMINDO LIGHT METAL INDUSTRY Tbk. ini kurang baik dari segi kinerja keuangannya. Memang apabila kita melihat mengenai profitabilitas usaha, bisa dibilang perusahaan ini bisa dibilang sangat efisien, namun dari 3 rasio lainnya perusahaan ini kurang baik, Dari segi likuiditas, perusahaan tidak likuid dan bahkan dapat saja mengalami kesulitan membayar kewajiban lancar jatuh tempo, dari segi keputusan dana, perusahaan ini lebih banyak menggunakan hutang sebagai pembiayaan aktivanya, dan dari segi pengembalian atas ekuitas, perusahaan ini kurang menarik investor. Hanya itulah yang dapat penulis sampaikan, kurang lebihnya mohon maav. Terima Kasih.

note : dikarenakan oleh rumus perhitungan di atas menggunakan fungsi equation pd Ms.Word dan tak bisa ditampilkan disini begitu pula dengan laporan keuangannya, maka saya sertakan dokumen aslinya.

klik ANALISIS RASIO KEUANGAN (NUR FITRA APRILIAN) untuk mendownload.

About alannurfitra

nothing :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s