Menurut SE.900/316/BAKD, prosedur akuntansi pada SKPD dapat dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi komputer. Hal ini juga diatur dalam Permendagri 13/2006, khususnya pasal 241 sampai dengan 264.

Dalam struktur Pemerintahan Daerah, Satuan Kerja merupakan entitas akuntansi yang mempunyai kewajiban melakukan pencatatan atas transaksi–transaksi yang terjadi di lingkungan satuan kerja.

Dalam konstruksi keuangan daerah, terdapat dua jenis satuan kerja, yaitu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD). SKPKD dapat diibaratkan sebagai Kementerian Keuangan yang meskipun memiliki perbedaan dalam kewenangan dengan SKPD (dalam hal pusat adalah Kementerian Teknis), keduanya memiliki sifat yang sama dalam akuntansinya, yaitu sebagai satuan kerja.

Kegiatan akuntansi pada satuan kerja meliputi pencatatan atas pendapatan, belanja, aset dan selain kas. Proses tersebut dilaksanakan oleh PPK-SKPD berdasarkan dokumen-dokumen sumber yang diserahkan oleh bendahara. PPK-SKPD melakukan pencatatan transaksi pendapatan pada jurnal khusus pendapatan, transaksi belanja pada jurnal khusus belanja serta transaksi aset dan selain kas pada jurnal umum.

Secara berkala, PPK-SKPD melakukan posting pada buku besar dan secara periodik menyusun Neraca Saldo sebagai dasar pembuatan Laporan Keuangan, yang terdiri atas Laporan Realisasi Anggaran, Neraca dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Dalam pelaksanaan akuntansi pendapatan, pihak yang terkait adalah:

  1. Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK-SKPD), yang memiliki tugas sebagai berikut:

–          Mencatat transaksi-transaksi pendapatan berdasarkan bukti-bukti yang terkait.

–          Memposting jurnal-jurnal pendapatan ke dalam buku besarnya masing-masing.

–          Membuat laporan keuangan, yang terdiri dari: Laporan Realisasi Anggaran, Neraca dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

  1. Bendahara di SKPD, yang memiliki tugas untuk menyiapkan dokumen-dokumen atas   transaksi  yang   terkait  dengan    proses  pelaksanaan akuntansi SKPD.

About alannurfitra

nothing :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s